Selamat Datang di Blog Hidup Sehat....

Selasa, 01 November 2011

Konsep Dasar Pengetahuan


      1.      Pengertian
Pengetahuan adalah merupakan hasil tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap sesuatu obyek tertentu. Pengindraan terjadi pada manusia yaitu indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raga. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga, pengetahuan atau kognitif merupakan dominan yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang. (Notoatmodjo, 2003).
2.      Tingkat pengetahuan
Di dalam domain kognitif mempunyai enam (6) tingkatan. (Notoatmodjo, 2003).
a.       Tahu (Know)
Tahu diartikan sebagai pengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya, termasuk ke dalam pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali (recall) terhadap sesuatu yang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang telah di terima. Oleh sebab itu tahu ini merupakan tingkat pengetahuan yang paling rendah.
b.      Memahami
Memahami diartikan sebagai kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang obyek yang diketahui, dan dapat menginterprestasikan materi tersebut secara benar. Orang yang telah paham terhadap obyek atau materi harus dapat menjelaskan.
c.       Aplikasi (Aplication)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi menggunakan hukum-hukum, rumus-rumus, metode, prinsip dan sebagainya dalam konteks atau situasi yang lebih.
d.      Analisis (Analysis)
Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan materi-materi suatu obyek ke dalam komponen-komponen termasuk dalam suatu struktur organisasi dan masih ada kaitannya satu sama lain.
e.       Sintesis (Syntesis)
Sintesis menunjukkan kepada suatu kemampuan untuk melekatkan atau menghubungkan bagian-bagian di dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru dengan kata lain sintesis adalah suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasi-formulasi yang ada.
f.       Evaluasi (Evaluation)
Evaluasi berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan penilaian atau justifikasi terhadap suatu materi atau obyek, penilaian-penilaian itu berdasarkan pada suatu kriteria yang ada di buat sendiri atau menggunakan kriteria-kriteria yang telah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar